Monday, February 25, 2013

Mt. MERAPI


gunung merapi








Ketinggian:2986 mdpl (9.737 feet)
Daaftar : gunung api tipe A
Lokasi: klaten, boyolali, magelang (jateng) dan sleman (yogyakarta)
Koordinat: 7°32’30” LS 110°26’30” BT
Jenis gunung :stratovolcano
Letusan terakhir : 2010

Gunung yang terletak di bagian tengah pulau jawa ini merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini terletak tepat di perbatasan 2 provinsi yaitu jawa tengah dan Yogyakarta. Lereng sisi selatan berada dalam wilayah kabupaten sleman, Yogyakarta. Dan sisa nya berada dalam jawa tengah . lereng sisi utama dan timur berada dalam kabupaten boyolali, sedangkan lereng barat berada di kabupaten magelang dan kabupaten klaten berada di sisi sebelah tenggara . sejak tahun 2004 kawasan hutan di sekitar puncak gunung merapi menjadi kawasan taman nasional gunung merapi.

new selo
 Merapi merupakan salah satu gunung di jawa tengah yang wajib di daki oleh para pecinta alam. Salah satu jalur pendakian gunung merapi adalah melalui boyolali yaitu new selo. Basecamp ini terbilang unik karena ketika kita sampai kiata akan melihat tulisan new selo ber-font holywood. Dengan melalui jalur ini kita membutuhkan waktu 6-7 jam dengan berjalan kaki normal untuk menuju puncak gunung merapi.
Perlu menjadi catatan bagi para pendaki , terk pendakian pada jalur ini sangat berdebu ketika musim kemarau dan berbatu serta terjal. Jadi sangat di anjurkan  membawa kaca mata dan masker atau pun penutup wajah yang dapat menghalangi debu agar sampai tidak terhirup oleh kita. Pendakian di musim hujan merupakan ide terburuk karena trek akan menjadi licin dan sulit di lalui, sebaiknya mendaki gunung ini ketika musim kemarau.

Pendakian baiknya di muali ketika malam hari. Kira-kira setelah waktu maghrib pendakian dapt di mulai. Pendaki yang tidak mengetahui medan tidak akan sadar katika mereka jalan ternyata banyak debu yang beterbangan dan baru sadar ketika turun gunung. Di harapkan untuk berhati-hati sebab ketika berangkat kiri jalur adalah jurang .  sekitar pukul 11.00 pendaki sudah mencapi pasar bubrah setelah melewati watu gajah . di pasar bubrah ini pendaki bisa mendirikan tenda dan bermalam. Pasar bubrah merupakan tanah lapang yagn berisi batu-batuan dan pasir, tidak ada tumbuhan atau pun pohon yang tumbuh di tempat ini.batu-batuan dan dan pasir adalah akibat dari erupsi merapi.

puncak merapi dari pasar bubrah
Perjalanan dapat di lanjutkan menuju puncak merapi  pada jam 04.00 pagi. Trek menuju puncak ini berpasir dan berbatu sebaiknya pendaki hanya perlu membawa tas ransel kecil yang berisi air minum ,makana dan kamera untuk dokumentasi ,trek yang berpasir menuntut pendaki untuk tidak terburu-buru dan berjalan dengan konsisten agar stamina tidak cepat terkuras.

Puncak merapi di sebut juga puncak garuda. konon sebelum erupsi merapi November 2010 silam ada batu yang menyerupai   garuda.dan sekarang batu itu sudah tidak di temukan bekasnya lagi .

       Perjalanan turun gunung harus dilakukan dengan sangat hati-hati mengungat  trek yang berbatu dan berdebu.berlari mungkin cara agar cepat turun tapi harus di sertai kehati-hatian yang tinggi.

  Bagi anda yang mempunyai kulit yang sensitive sebaiknya membawa sun cream agar kulit anda tidak pecah-pecaah Apalagi bagi pendaki yang baru turun pada kisaran jam 09.00 pagi karena angin bertiup dingin tetapi di sertai sengatan sinar matahari yang panas.            
                                            

Sumber: 
·        Wikiped ia

No comments:

Post a Comment